BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Rabu , 19 September 2018
Home / Teknologi Pengolahan Kulit

Teknologi Pengolahan Kulit

A. Profil Program Studi:

laborat_05Program Studi Teknologi Pengolahan Kulit (TPK) merupakan program studi yang tertua di Politeknik ATK Yogyakarta, yaitu sejak didirikannya Sekolah Kulit Tinggi berdasarkan Keputusan Menteri Perindustrian Rakyat Nomor: 489/TU tanggal 15 Januari 1959. Perubahan nama Sekolah Kulit Tinggi menjadi Akademi Kulit, kemudian menjadi Akademi Teknologi Kulit mengiringi perubahan nama program studi, yaitu Jurusan Penyamakan Kulit menjadi Program Studi Teknologi Proses Pengolahan Kulit dan terakhir pada tahun akademik 2003 menjadi Program Studi Teknologi Pengolahan Kulit.

Eksistensi program studi TPK sangat diperlukan untuk memenuhi tuntutan adanya pendidikan setingkat Akademi yang mampu menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Proses Penyamakan Kulit.

Proses belajar mengajar pada Program Studi TPK didukung oleh dosen tetap dan dosen tidak tetap yang sebagian besar berkualifikasi pendidikan S-1, S-2, dan S-3, serta praktisi dari industri yang dapat menunjang keahlian dan ketrampilan mahasiswa.

Untuk menjawab kebutuhan spesifikasi keunggulan yang akan menentukan kualifikasi lulusan, maka mulai tahun akademik 2003-2004 diterapkan kurikulum berbasis kompetensi pada program studi TPK.

Visi dan Misi

Visi yang dimiliki Program Studi TPK adalah menjadi program studi yang siap bersaing di pasar global dalam bidang Teknologi Pengolahan Kulit.

Misi yang dijalankan Program Studi TPK adalah :

  1. Mendidik Sumber Daya Manusia (SDM) profesional dan kompeten di bidang Pengolahan kulit yang siap bersaing di pasar global.
  2. Melakukan penelitian terapan di bidang Pengolahan kulit.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat secara aktif, membangun sinergi dengan pelaku industri bidang Pengolahan kulit dan institusi di dalam dan di luar negeri.

Tujuan Pendidikan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi global sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan visioner dibidang Pengolahan Kulit.
  2. Menghasilkan Pengolahan penelitian yang bisa diaplikasikan di Industri Pengolahan Kulit.
  3. Melaksanakan pelayanan teknis, konsultasi, pendidikan dan pelatihan di bidang Industri Pengolahan Kulit.